Kebudayaan Indonesia

April 23, 2010 at 1:07 am (School Area)

Kebudayaan Indonesia

Di negara Indonesia banyak sekali terdapat budaya-budaya yang sanagt menarik dan unik.Budaya adalah  Budaya adalah cara hidup yang berkrmbang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.  Kebudayaan sangat erat hubungan nya dengan masyarakat. Budaya-budaya di Indonesia sangat beraneka ragam.
Kebudayaan Indonesia tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. contoh-contoh kebudayaan di indonesia:
tari seudati dari Aceh, tari tor-tor dari Sumatera utara, tari piring dan payung dari Sumatera Barat, tari jaipong dan merak dari Jawa Barat, serimpi dari Jawa Tengah, reog ponorogo dari Jawa Timur, kecak dari Bali, tari selamat datang dari Irian jaya/papua,dll.
Lagu bungong jeumpa dari Aceh, soleram dari Riau, injit-injit semut dari Jambi,  kicir-kicir dari DKI Jakarta, ampar-ampat pisang dari Kalimantan Selatan, apuse dari Papua, O ina ni keke dari Sulawesi Utara, tokecang dari Jawa barat,rasa sayang-sayange dari Maluku,  dll.
rumah Gadang asal Sumatera Barat, rumah Limas asal Sumatera Selatan, joglo asal Jawa, honai asal Papua, tongkonan asal Sulawesi Selatan, rumah panggung asal Sulawesi Utara, rumah betang asal Kalimantan Barat, dll.

Leave a comment